MATERI SENI BUDAYA KELAS X SMK KD 3.2. Memahami Konsep Seni

MEMAHAMI KONSEP SENI




KD 3.2. Memahami Konsep Seni

KD 4.2. Mempresentasikan Konsep Seni

Pengertian Seni

Seni adalah sebuah karya yang diciptakan melalui ungkapan cinta, ekspresi dan keindahan yang dituangkan dalam sebuah media. Sebenarnya semua manusia mempunyai seni masing-masing yang terletak pada dirinya, tergantung bagaimana anda mengelola bakat tersebut, karena Tuhan menciptakan manusia dengan bekal seni untuk bertahan hidup.

Pengertian Seni Secara Umum

Pengertian seni secara umum adalah sebuah karya seni yang diciptakan oleh manusia yang di dalamnya mengandung unsur keindahan, sehingga karya tersebut dapat membangkitkan perasaan lain yang timbul dalam diri manusia.

Pengertian Seni Menurut Istilah

Pengertian seni secara istilah adalah seni berasal dari kata sani yang diambil dari bahasa sanskerta  yang berarti pemujaan, pelayanan, persembahan dan pelayanan yang dikaitkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikaitkan dengan kesenian.

Pengertian Seni Menurut Padmapusphita

Menurut Padmapusphita kata seni diambil dari bahasa belanda genie yang berarti sebuah kemampuan yang sudah dibawa sejak ia lahir di dunia. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut Padmapusphita seni adalah kemampuan yang  dimiliki sejak kita dilahirkan, jadi semua manusia mempunyai keahlian masing-masing yang tidak bisa kita tiru, karena karya seni yang dimiliki sudah mendarah daging sejak ia masih dalam kandungan ibunya.

Pengertian seni menurut ilmu Eropa

Pengertian seni menurut ilmu Eropa, kata seni berasal dari kata art yang mempunyai makna artifisial yaitu sebuah media yang bisa melakukan kegiatan tertentu. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut ilmu Eropa adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan sebuah karya seni.

Pengertian seni menurut para ahli

1. Ki Hajar Dewantara

Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebuah karya seni berbentuk indah yang bisa menggerakkan perasaan. jadi siapa saja bisa melihat keindahan karya tersebut, sehingga menimbulkan sebuah perasaan indah.

2. Eric Ariyanto

Menurut Eric Ariyanto Iskandar seni adalah sebuah kegiatan yang menyangkut tentang aktivitas rohani atau batin yang dituangkan dalam bentuk karya seni yang bisa membangkitkan sebuah perasaan bagi siapa saja yang melihatnya atau mendengarnya.

3. James Murko

Pengertian seni menurut  James Murko adalah sebuah penjelasan mengenai rasa indah yang tertuang pada tiap jiwa manusia yang dilahirkan lengkap dengan alat komunikasi yang bisa ditangkap melalui indra pendengar, indra penglihat dan perantara gerakan.

4. Aristoteles

Menurut aristoteles pengertian seni adalah sebuah bentuk karya seni yang pengungkapannya atau pengalaman estetisnya menggunakan sebuah alat berupa media. Contohnya bidang, warna, garis, tekstur, volume dan sisi gelap terangnya.

5. Alexander Baum Garton

Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton adalah sebuah keindahan dari karya seni yang memiliki tujuan yang positif sehingga membuat penikmatnya akan merasakan sebuah kebahagiaan di dalamnya. Jadi dapat disimpulkan pengertian seni menurut Alexander Baum Garton adalah seni yang mempunyai tujuan baik bagi penikmatnya.

6. Leo Telstoy

Menurut Leo Telstoy pengertian seni adalah sebuah ungkapan perasaan bagi siapa saja pencinta atau penikmatnya, sehingga bisa merasakan sebuah karya seni yang sedang dilihat, didengar dan dirasakan melalui indra yang yang dimiliki. Contoh karya seni yang bisa  dinikmati adalah sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah pemandangan yang indah, dengan melihat lukisan tersebut kita akan merasakan suasana yang berada di lukisan tersebut walaupun kita tidak bisa melihat secara langsung pemandangan tersebut.


Sifat Dasar Seni

Seni mempunyai  lima sifat dasar. Yang pertama yaitu kreatif, kedua individual, ketiga abadi, keempat perasaan dan kelima universal.

1. Kreatif adalah kemampuan dari seseorang yang dapat mengubah sesuatu yang ada kemudian menjadikannya sebagai sesuatu yang baru dan tentunya orisinil.

Contoh: tanah liat dapat menjadi keramik, batu dapat dibuat menjadi hiasan seperti patung, suara dapat dirubah menjadi musik, gerakan dapat menjadi tarian dan lain sebagainya.

2. Individual adalah suatu karya seni yang di ciptakan oleh seseorang tentu saja mempunyai ciri atau keunikan pada masing- masing  karya untuk setiap penciptanya.  Misalnya saja lagu yang diciptakan Rhoma Irama berbeda dengan lagu  yang diciptakan oleh Iwan Fals.

Atau lukisan yang dibuat oleh Affandi sangat berbeda dengan lukisan yang dibuat oleh Raden Saleh dan juga berbeda dengan seniman yang lainnya.

3. Sifat abadi atau keabadian pada seni. Seperti halnya sifat manusia, bahwa setiap sifat manusia baik yang terpuji maupun yang tercela apabila sudah dilakukan maka tidak dapat untuk dibatalkan. Seorang yang telah berjasa kepada kita tentunya akan melekat pada ingatan kita.

Begitu juga dengan seni,  jika membuat suatu karya seni tentu saja dalam pembuatannya memiliki tujuan estetik atau keindahan. Sebaiknya, orang yang menikmati harusnya juga ikut berlatih untuk berbuat sesuatu yang terpuji dan indah.

4. Seni memiliki sifat perasaan, maksudnya adalah ketika membuat karya seni akan selalu mengikutkan emosi dan juga jiwa. Oleh karenanya, harus menggunakan kepekaan perasaan yang dalam untuk dapat menikmati suatu karya.

Sebuah lagu tercipta berasal dari perasaan seorang seniman yang mana kemudian lagu tersebut di bawakan oleh penyanyi yang dinilai dapat menjiwai lagu yang sudah diciptakan tersebut.

5. Seni memiliki sifat universal, maksud dari hal ini adalah seni mengenal adanya batasan waktu, bahasa, bangsa dan lain- lain.

Contohnya saja, kita akan spontan tertawa ketika kita mendengar bahasa lain yang kita kira lucu. Atau bisa juga, seseorang akan tersenyum ketika melihat sebuah karya karikatur tanpa tau siapa  pembuat dari karikatur tersebut.


Struktur Seni

The Liang Gie (1976-70) menjelaskan bahwa dalam semua jenis kesenian terdapat unsur-unsur yang membangun karya seni sebagai berikut:

a. Struktur seni 

Merupakan tata hubungan sejumlah unsur-unsur seni yang membentuk suatu kesatuan karya seni yang utuh. Contoh truktur seni dalam bidang seni rupa adalah garis, warna, bentuk, bidang dan tekstur. Bidang seni musik adalah irama dan melodi. Bidang seni tari adalah wirama, wirasa dan wiraga. Bidang seni teater adalah gerak, suara dan lakon.

b. Tema 

Merupakan ide pokok yang dipersoalkan dalam karya seni. Ide pokok suatu karya seni dapat dipahami atau dikenal melalui pemilihan subject matter (pokok soal) dan judul karya. Pokok soal dapat berhubungan dengan niat estetis atau nilai kehidupan, yakni berupa: objek alam, alam kebendaan, suasana atau peristiwa yang metafora atau alegori. Namun tidak semua karya memiliki tema melainkan kritik.

c. Medium 

Medium adalah sarana yang digunakan dalam mewujudkan gagasan menjadi suatu karya seni melalui pemanfaatan material atau bahan dan alat serta penguasaan teknik berkarya. Tana medium tak ada karya seni. Pada seni rupa mediumnya adalah objek estetik dua dimensi (lukisan cat air, etsa, cukil, kayu, dan lain-lain), objek estetik tita dimensi (patu batu, relief logam, ukiran kayu). Semua jenis seni mempergunakan medium, seni musik mempergunakan medium bunyi (nada), kalau seni tari mempergunakan medium gerak, seni teater mempergunakan semua itu oleh sebab itu teater dikatakan seni yang mempergunakan multimedia, seni sastra mempergunakan keta-keta sebagai medium, seni lukis mempergunakan garis, bidang dan warna, kalau seni sastra menggunakan kata sebagai medium. Kalau seni dapat dianggap sebagai bahasa maka setiap cabang seni memiliki bahasa tersendiri, sastra memiliki bahasa verbal, seni rupa memiliki bahasa plastis, seni tari memiliki bahasa kinetis, seni musik bahasa audio, seni lukis memiliki bahasa visual, begitu pula seni memiliki dimensi, seni musik mempunyai dimensi waktu, seni tari memiliki dimensi gerak, dan seni rupa memiliki dimensi ruang.

d. Gaya atau style 

Gaya atau style dalam karya seni merupakan ciri ekspresi personal yang khas dari si seniman dalam menyajikan karyanya. Menurut Soedarso SP (1987:79), gaya adalah ciri bentuk luar yang melekat pada wujud karya seni, sedangkan aliran berkaitan dengan isi karya seni yang merefleksikan pandangan atau prinsip si seniman dalam menanggapi sesuatu.

Macam - Macam Seni 

Secara umum pembagian seni dibedakan menurut indra penserapannya yakni seni audio, seni visual, dan seni audio-visual.

Seni audio adalah seni yang diserap melalui indra pendengaran. Contohnya seni musik atau suara, drama radio, puisi di radio dan lain-lain.

Seni visual adalah seni yang diserap melalui indra penglihatan. Umumnya dikenal dengan sebutan seni rupa.

Seni audio-visual adalah seni yang sekaligus diserap oleh indra pendengaran dengan indra penglihatan. Contohnya seni tari, drama/theater, film dan lain-lain.


Jenis-jenis seni dapat dibedakan menjadi lima kelompok, yaitu:

Seni Musik

Jenis jenis seni yang pertama yaitu seni musik, Seni musik adalah karya seni yang menggunakan bunyi sebagai unsur seni utamanya. Selain itu, di dalam musik juga ada unsur lain seperti harmonisasi, melodi, dan notasi. Selain dari alat-alat musik, suara musik juga berasal dari manusia, misalnya akapela atau beatbox.

Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni dan salah satu cabang kesenian yang dapat dinikmati dengan media penglihatan. Seni rupa hanya fokus pada suatu karya yang memiliki rupa dan wujud, biasanya diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan lain-lain.

Seni Tari

Seni tari adalah salah satu bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh untuk menghasilkan suatu keindahan.

Seorang pengarah tari (koreografer) dapat menyampaikan pesan tertentu melalui gerakan tari yang dilakukan dalam seni tari.

Seringkali seni tari digabungkan dengan seni musik. Dengan begitu konsentrasi dan konsistensi gerakan tari menjadi lebih sempurna dalam penyampaian pesan dan perasaan.

Seni Teater

Seni teater adalah salah satu jenis kesenian yag berupa pertunjukan drama dan dipentaskan diatas panggung.

Jika lebih spesifik, seni teater adalah seni drama yang menampilkan adegan atau perilaku manusia dengan gerak, taro dan nyanyian dengan dilengkapi dioalog dan akting para pemain teater.

Kemampuan dasar dalam seni teater adalah kemampuan dalam menciptakan naskah, mengekspresikan karakter dan memahami karakter dalam naskah teater.

Seni teater merupakan bagian kesenian yang berwujud dalam seni peran. Teknik seni teater lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi dan pengaturan suara secara konsisten adalah bagian yang penting untuk dimiliki.

Seni Sastra

Jenis jenis lain yaitu seni sastra, pengertian seni sastra adalah seni yang menjadikan bahasa sebagai media. Seni sastra merupakan cabang seni yang di dalamnya berisi segala sesuatu, baik secara lisan maupun tulisan yang mengandung unsur keindahan.

Jenis seni satra dibagi menjadi dua yaitu prosa dan puisi, berikut penjelasannya :

Prosa adalah jenis jenis seni satra yang mendeskripsikan keadaan, keinginan atau imajinasi secara detail.

Puisi adalah jenis jenis seni yang menyederhanakan deskripsi dengan menangkap inti dari permasalahan yang ingin diungkapkan.


Unsur Nilai Seni

Di samping memiliki sifat-sifat praktis, seni juga diakui mengandung nilai-nilai luhur yang membangun jiwa anak bangsa hingga lebih berkualitas.

a.       Nilai Kebenaran

Nilai kebenaran seni terletak pada kejujuran pengungkapan. Segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati dan pikiran dapat ditampilkan secara gamblang apa adanya.

b.      Nilai kebudian

Nilai-nilai kebudian seni terletak dalam kepekaan dan kehalusan pengungkapan, sehingga segala sesuatu yang bersifat baik, arif, berjiwa luhur, penuh renungan, agung, dan sebagainya, dapat ditampilkan dalam media, baik secara tersirat maupun tersurat.

c.       Nilai Keindahan

Nilai keindahan seni terletak pada pengungkapan ekspresif-ekspresif segala yang berkaitan dengan rasa estetis melalui teknik, bahan, dan konsep yang mampu menciptakan kebaruan, rasa haru, atau ketertiban lingkungannya.

d.      Nilai religius

Nilai religius terletak pada pengungkapan kebesaran karya ilahi dan pemujaan terhadap kebesaran-Nya.


Fungsi Seni

1.      Fungsi Individu

Seni sangat bermanfaat untuk memenuhi sebuah kebutuhan pribadi atau individu. Jadi seni mempunyai peran terpenting dalam kehidupan. Contoh seorang pelukis pasti mempunyai keahlian yang terpendam yang terdapat dalam diri mereka, karena tidak semua orang mempunyai bakat seni untuk menjadi seorang pelukis. Jadi seorang pelukis bisa mengandalkan keahliannya untuk mencari penghasilan untuk bertahan hidup. Fungsi seni dibagi menjadi dua yaitu:

  • Seni Berfungsi Untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik
Seni berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik. maksudnya manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sudah diberi kemampuan untuk mengapresiasi pada keindahan. Seni ini disebut dengan seni terapan atau yang memacu untuk memenuhi kebutuhan fisik.
  • Seni Berfungsi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Semua manusia pasti memiliki sifat yang beragam. Salah satu bentuk yang bisa mempengaruhi  emosi adalah pengalaman hidup seseorang. Contoh emosi yang selalu memenuhi kebutuhan manusia adalah perasaan sedih, lelah, letih, iba, kasian, gembira, cinta dan benci.

2.      Fungsi Seni Terhadap Sosial

Fungsi seni terhadap kegiatan sosial adalah seni yang bisa mendatangkan manfaat untuk memenuhi kebutuhan individu atau sosial. Ada dua macam fungsi seni terhadap sosial yaitu.

  • Fungsi Seni Religi/ Keagamaan

Fungsi seni untuk keagamaan contohnya adalah busana muslim dan muslimah, lagu-lagu religi dan lukisan kaligrafi. Seni juga bisa digunakan untuk acara perkawinan, kematian bahkan upacara kematian.

  • Fungsi Seni Sebagai Pendidikan

Seni juga bisa dijadikan sebagai media pendidikan. Contohnya alat musik angklung atau alat musik ansambel yang cara mainnya harus bekerja sama antar pemain satu dengan pemain lainnya untuk membentuk alunan lagu yang indah.

  • Fungsi Seni Sebagai Media Komunikasi

Fungsi seni sebagai media komunikasi misalnya sebuah gagasan atau kebijakan yang berfungsi untuk mengenalkan kepada masyarakat luas. Contohnya adanya pertunjukan atau pergelaran seni wayang kulit atau teater.

  • Fungsi Seni Sebagai Media Rekreasi/Hiburan

Fungsi seni sebagai media rekreasi atau media hiburan adalah seni berfungsi untuk melepas dari rasa bosan atau kejenuhan yang berfungsi untuk menghilangkan kesedihan. Contoh seni sebagai hiburan adalah sebuah pertunjukan yang menampilkan hiburan bagi penikmatnya.

  • Fungsi Seni Sebagai Artistik

Seni berfungsi sebagai media ekspresi untuk seorang seniman yang akan menampilkan sebuah karya. Contohnya musik kontemporer, tarian kontemporer dan seni pertunjukan yang tidak bisa dinikmati oleh masyarakat luas, hanya seorang seniman dan komunitasnya yang bisa menikmati seni tersebut.

  • Fungsi Seni Sebagai Kesehatan

Fungsi seni untuk kesehatan maksudnya adalah sebuah karya seni yang dibuat tanpa memikirkan apa fungsi karya seni tersebut kecuali media ekspresi atau sebuah karya seni yang pembuatannya mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya. Contohnya perlengkapan rumah tangga gerabah yang berasal dari sebuah karya seni yang pembuatannya memikirkan apa kegunaan dan fungsi dari gerabah.


Apresiasi Seni

Apresiasi seni merupakan sebuah proses penghayatan atau mengamati suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya. Secara umum apresiasi seni bentuk dari kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni. Selain itu jika kita artikan lebih dalam bahwa apresiasi seni adalah penilaian terhadap karya seni mulai dari mengenali, memberi nilai, sampai dengan menghargai sebuah karya seni.

Fungsi apreasiasi secara umum adalah sebagai bentuk ekspresi penghargaan kepada suatu karya. Beberapa fungsi dari apresiasi seni sebagai cara seseorang dalam memberikan penilaian, edukasi, empati, menghormati, menghargai terhadap sebuah karya seni atau sastra.

Sebagai contoh, seorang penikmat yang memang sengaja di undang di sebuah pameran seni yang diselenggarakan olleh para seniman dari berbagai daerah. Kemudian Penikmat seni tersebut datang karena ini mengenal dan melihat hasil karya seni yang dipamerkan.

Selanjutnya, pada saat penikmat seni tersebut melihat-melihat, beberapa karya seni rupa ada salah satu dari karya tersebut yang mampu menarik perhatian penikmat seni tersebut dan membuatnya memberi penilaian dari sudut pandangnya.

Menurutnya beberapa karya tersebut sangatlah baik dan detailnyapun menarik, hanya saja kurang warna. Dan dia mengungkapkan penialiannya tersebut pada teman-teman lain yang juuga sang seniman.




Referensi :

Komentar